Header Ads

Cara Membuat Toolbar Di Visual Basic 6.0

1.      Buka Ms Visual Basic 6.0
       

2.      Klik Standar EXE Lalu Klik Open.
        
 

3.      Masukan Components Microsoft Windows Common Controls 6.0 (SP6)  dengan Cara Ctrl+T atau Klik Project – Lalu Components – Pilih atau Centang Microsoft Windows Common Controls 6.0 (SP6) .

4.      Lalu Masukan ImageList dan Toolbar Pada Form

5.      Klik Kanan Pada ImageList1 yang sudah anda masukan pada Form ,Lalu Klik Properties dan akan muncul Seperti ini .

6.      Di sana ada 3 Pilihan lalu pilih Images ,dan masukan icon yang anda perlukan untuk icon di Button Toolbar anda ,dengan cara Insert Picture dan Pilih gambar yang anda inginkan bisa lebih dari satu ,Lalu klik Ok bila sudah anda masukan icon-icon yang anda perlukan .

7.      Jika sudah kita lanjut saja ,sekarang klik kanan di Toolbar yang sudah anda masukan lalu klik Properties dan akan muncul gambar seperti ini .

8.      Lalu pada Tab General klik ImageList ,dan pilih ImageList1.

9.      Selanjutnya Klik Tab Button dan Pilih Insert Button ,lalu pilih icon yang akan di pakai sesuai dengan nomor urut Index icon anda .



10.  Jika ingin memakai Nama pada button Toolbar nya ,Isikan saja di caption . Klik Apply lalu Klik OK Jika sudah...


KETERANGAN:
Yang di maksud dengan NOMOR URUT INDEX pada no. 9 ,adalah ketika anda memasukan icon pada saat di No. 6 ,icon yang anda masukan pertama berarti nomor uruta nya adalah “1” dan icon yang anda masukan kedua nomor urut nya adalah “2” dan seterusnya seperti itu  . Contoh :
Klik Open jika sudah .


Dan pada saat di Open akan muncul seperti gambar di bawah .


No comments:

Powered by Blogger.