Header Ads

Pengenalan Bahasa Pemrogramman PASCAL

PENGENALAN PASCAL
Bahasa PASCAL pertama kali dikembangkan pada awal tahun 70-an oleh NICLAUS WIRTH di Technical University, Zurich – Swiss. Nama PASCAL diambil dari nama seorang ahli matematika bangsa Perancis, yaitu BLAISE PASCAL yang telah berjasa menemukan alat hitung mekanis pertama didunia pada abad ke-17. Bahasa pemrograman ini termasuk kategori “High Level Language”. Instruksi-instruksi yang digunakan dalam bahasa pemrograman ini sangat sistematis dan terstruktur.
Pada awalnya bahasa pemrograman Pascal diperkenalkan dengan tujuan untuk menjelaskan masalah pemrograman komputer bagi mahasiswa yang belajar pemrograman komputer. Ternyata dalam waktu singkat, bahasa pemrograman ini menjadi salah satu bahasa yang sangat populer dikalangan universitas, sehingga menjadi julukan sebagai bahasa universitas. Keunggulan bahasa ini terletak pada kemudahannya untuk dipelajari dan adanya dukungan fungsi-fungsi matematika yang sangat lengkap.

STRUKTUR PROGRAM PASCAL
Struktur dari suatu program Pascal terdiri dari sebuah judul program, bagian deklarasi dan bagian pernyataan (statement).
Judul program sifatnya adalah optional, dan bila ditulis, harus terletak pada awal dari program dan diakhiri dengan titik koma. Bagian deklarasi digunakan bila dalam program digunakan pengenal (identifier). Kalau suatu program menggunakan identifier, Pascal menuntut supaya identifier tersebut diperkenalkan terlebih dahulu sebelum digunakan, yaitu dideklarasikan terlebih dahulu pada bagian ini.
Struktur Minimal Program
      begin
             Statement;
      end.

Struktur Lengkap(Umum) Program
(* Judul Program *)
Program Nama_Program;
{penjelasan tentang program, yang berisi uraian singkat mengenai apa yang dilakukan program}
(* Bagian Deklarasi *)
Uses
{semua unit yang digunakan didefinisikan disini}
Label
{semua label yang digunakan didefinisikan disini}
Const
{semua nama konstanta dan harganya didefinisikan disini}
Type
{semua nama tipe bentukan didefinisikan disini}
Var
{semua nama variabel global ditulis disini}
{Deklarasi prosedur dan fungsi ditulis disini}
(* Bagian Deskripsi / Statement *)
begin
            Statement1;
            Statement2;
            ...
            StatementN;
            {semua instruksi program dituliskan disini}

end.
Contoh Program Sederhana dengan perintah Writeln

Tampilan Pada Layar



Analisa
Program di atas hanya menampilkan string atau karakter-karakter yang dimasukan. Dalam program di atas untuk menampilkan keluaran string atau kumpulan karakter dalam penggunaan string harus menggunakan tanda petik ( „ ) pada awal dan akhir kalimatnya. 

No comments:

Powered by Blogger.