Header Ads

Pengenalan laravel II


Kali ini saya akan membahas sedikit tentang controller dan view pada laravel, artikel ini adalah artikel lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu “Pengenalan laravel  I”. Disini akan membahas apa itu controller dan apa itu view, dan cara membuatnya. Oke langsung saja ke pembahasan.

1. Controller pada laravel
Jika kalian membaca pada postingan sebelumnya yaitu Pengenalan Laravel I, di situ terdapat pengertian bahwa controller adalah jembatan antara route dan view. Jadi jika dari route terdapat nilai atau value yang akan di olah tidak akan langsung tampil di route jika terdapat controller maka akan melewati controller terlebih dahulu. Intinya controller adalah jembatan anatara route dan view.

Direktori Controller di laravel :
Pertama untuk membuat controller itu kita harus tau terlebih dahulu dimana penempatan controller berada.

Jika kalian baru saja menginstall laravel, yang terdapat pada folder Auth hanya terdapat file Controller.php. Jika dilihat pada gambar diatas terdapat HomeController.php file tersebut adalah file controller yang sebelumnya dibuat pada artikel Pengenalan laravel I.

Contoh Controller

Gambar diatas adalah source code dari HomeController.php, didalam Controller tersebut terdapat beberapa function yaitu index, dan barangSaya. Dalam index terdapat perintah yang hanya untuk menampilkan string atau kalimat saja, tapi untuk function dari barangSaya terdapat array yang menyimpan beberapa data, dan data dari array tersebut akan di tampilkan ke view barang, dan untuk membuat view barang akan dijelaskan pada bagian selanjutnya yaitu pembahasan view pada laravel.

2. View pada laravel
View pada laravel adalah sebuah direktori yang khusus menyimpan file-file dari layout pada laravel, direktori view berada didalam direktori resource. Jadi view ini adalah tempat menyimpan source code tampilan dari website yang akan kalian buat.

Direktori view :

Bisa kalian lihat, di dalam direktori resources terdapat beberapa direktori direktori diantaranya adalah views untuk menyimpan file dari tampilan yang kalian buat.

Contoh view :

Nah jiga sebelumnya terdapat file HomeController.php yang didalamnya ada source code array dan didalam array tersebut terdapat data-data produk. Data-data produk tersebut pasti harus ditampilkan, dan untuk menampilkannya disini memakai views barang.blade.php.

3. Menampilkan data yang terdapat dalam array
     Setelah file controller dan views dibuat selanjutnya kalian harus menampilkan data-data yang berada diarray ditampilkan ke barang.blade.php. untuk memanggil perintah dari function di controller harus memakai routes.
   
   File Routes
      

Dari gambar diatas terdapat dua route, untuk route pertama adalah route default ketika pertama kalian menginstall laravel, dan route kedua adalah route khusus untuk memanggil function yang telah dibuat di controller yaitu HomeController.php

4. Tampilan pada browser
  Dan jika kalian mengikuti langkah-langkah seperti diatas maka jika di panggil di browser akan tampil seperti ini:
      



Sekian untuk tutorial Pengenalan laravel kali ini, tunggu artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat :)

No comments:

Powered by Blogger.